oleh

Pemdes Sungai Dusun Gelar Musrembangdes

RANTAU RASAU,Lj-Pemdes Sungai Dusun Kecamatan Rantaurasau Kabupaten TanjabTim mengelar Musrenbang desa tahun 2020 untuk penyusunan Rencana Pemerintah Desa Tahun 2021.dengan memotret potensi sumber pembangunan didesa. Bertempat diaula kantor desa. Senin(20/1).
Kades Sungai Dusun Runi Nadi mengatakan,setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKPDes. Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan umum demi kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia dari dalam desa. Oleh karena itu hari ini kita mengadakan Musrenbang Desa yang dilaksanakan di Aula desa.

“Hari ini kita melakksanakan Musrenbang, ini merupakan sebagai acuan penyusunan RKPDes tahun 2020 jadi apa-apa yang menjadi usulan-usulan yang bapak-bapak dan ibu-ibu sampaikan nanti kita musyawarahkan bersama. Sehingga muncul prioritas-prioritas yang sangat mendesak untuk pembangunan Desa Sungai Dusun untuk tahun 2021. Jadi perlu kerja sama yang baik antar pihak terkait yang ada di desa dengan pemdes sehingga pembangunan desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ingin kita capai,”papar Kades.

“kegiatan musrenbang ini merupakan wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat, lembaga desa dan pemerintah desa bagaimana agar usulan-usulan desa dapat terrealisasi dan dapat dukungan anggaran dari Kabupaten, Provinsi dan pemerintah pusat. Maka harus benar-benar cari sektor atau sasaran yang benar-benar diperlukan oleh desa yang kiranya desa tidak mampu menggunakan APBDes maka kita usulkan untuk musrenbang ditingkat kecamatan dan nantinya dibawah ke murenbang tingkat kabupaten.
Diharapkan dalam musrenbang ini akan memprioritas pembangunan yang benar-benar skala prioritas yang diperlukan untuk kepentingan umum serta untuk kesejahteraan dan kemajuan Pembangunan Desa Sungai Dusun,”jelasnya lagi.
Dalam kesempatan itu kades juga memaparkan memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 dan yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.
Usai sambutan, dilanjutkan dengan rembug di masing- masing bidang memusyawarahkan tentang usulan – usulan yang menjadi sekala prioritas untuk di paparkan dan mendapatkan persetujuan sekaligus nantinya akan diajukan dalam Musrenbang kecamatan.

Adapun topik yang dibahas yakni mengenai rencana pembangunan desa untuk tahun 2020 baik melalui rancangan RKP Desa maupun prioritas usulan kegiatan pembangunan desa tahun 2021 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan.
Hadir, camat yang diwakili Kasi PPM H. M. Siahaan. Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD dan pihak terkait lainnya.(adv/nto)

Komentar

Berita Terkait