by

Musrembang Kecamatan Berbak Sukses Digelar

BERBAK,Lj-Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) Kecamatan Berbak dalam rangka penyusunan RKPD 2021 diselenggarakan di aula kantor camat Berbak. Kamis. (30/1/2020).

Tampak hadir Bupati Tanjabtim H.Romi Hariyanto yang diwakili oleh Staf Ahli bidang ekonomi, Hukum dan Pemerintahan Imron,TB, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Tanjabtim, Camat Berbak beserta unsur Forkompimcam, anggota DPRD I dan DPRD ll serta unsur terkait.

Bupati TanjabTim H Romi Hariyanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Imron TB menyampaikan, Musrenbang adalah sebuah wadah mekanisme perencanaan untuk mempertemukan usulan masyarakat (Bottom up Planning) dengan program pemerintah (Top Down Planning) dengan melibatkan masyarakat dan para kepentingan (Stakeholder) secara partisipatif mulai dari desa sampai tingkat nasional.

” Dalam forum yang baik ini, saya juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi Pilkada baik bupati/wakil bupati maupun Gubernur/ wakil Gubernur secara demokrasi, bermartabat dan sehat. Insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. Mari kita sama sama tetap kompak sehingga kondisi kabupaten Tanjabtim selalu aman dan damai,”paparnya.


Lanjut dikatakan Staf Ahli. Acara Musrenbang ini merupakan momen yang sangat penting bagi semua masyarakat, perangkat daerah dan seluruh Stakeholder.karena semua kegiatan yang akan dilaksanakan berawal dari usulan kegiatan dalam Musrenbang.

” Kita semua berharap, forum ini dapat menghasilkan output berupa kegiatan kegiatan yang benar-benar menjadi prioritas kecamatan. Bukan program kegiatan yang sekedar hanya bersifat keinginan. Tetapi hendaknya terarah pada program program yang dapat menjadi pengungkit meningkatnya kesejahteraan dan standar pelayanan di masyarakat. untuk ini saya mengharapkan agar seluruh perangkat daerah dapat mempertajam dan lebih memantapkan rencana kerjanya serta mampu menjabarkan secara lengkap dalam program dan kegiatan yang disusun dalam RKPD 2021 sebagai acuan dalam RKPD yang bermuara pada APBD 2021,”terang Imron.


Sementara itu Camat Berbak M.Yani dalam laporannya mengatakan, Musrenbang desa /Kelurahan dalam kecamatan Berbak telah dilaksanakan mulai 7 s/d 9 Januari 2020.dengan menghadirkan semua unsur pihak terkait, dan hasil dari Musrenbang desa/kelurahan yang telah direkap sebanyak 791 usulan. “Namun dari semua itu yang menjadi skala prioritas untuk pembangunan tahun 2021,”timpalnya.

Lebih lanjut Camat mengatakan, pembangunan di kecamatan Berbak banyak menghadapi hambatan. Namun,dalam pelaksanaan dan pengawasan kegiatan untuk mencapai tujuan yang optimal maka diharapkan agar semua rekanan yang akan melaksanakan pembangunan terlebih dahulu melapor pada pemerintah kecamatan sebelum melaksanakan kegiatan dilapangan, hal ini sangatlah penting Karena dengan demikian camat beserta kades/lurah akan dapat mensosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat. Sehingga memudahkan pengawasan secara langsung.

“Agar tidak terjadi masalah atau kesalah pahaman yang akan berakibat oada kelancaran proses pelaksanaan kegiatan dilapangan,”tutup Camat. (Nto/adv)

Comment

Berita Terkait