Polres Tanjab Barat Incar “Serangan Fajar”

by -128 views
Bentuk Satgas Money Politik Pemilu 2019
KUALATUNGKAL – Pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI, Dewan Perwakilan Rakyat  tinggal menghitung hari saja digelar. Kerja ekstra keras untuk pengamanan tentu menjadi tanggung jawab masing masing pihak penegak hukum di Tanjab Barat, salah satunya Mapolres Tanjab Barat, sehingga Pemilu Damai tahun 2019 ini di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat agar tercipta kondisi aman, tertib dan berjalan dengan lancar.

Untuk menghadapi Pemilu ini, Polres Tanjab Barat telah membentuk tim satuan petugas (Satgas) pengawasan money politic. Politik uang atau politik perut adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Pembelian bisa dilakukan menggunakan uang atau barang. Politik uang adalah sebuah bentuk pelanggaran kampanye.
Politik uang umumnya dilakukan simpatisan, kader atau bahkan pengurus partai politik menjelang hari H pemilihan umum. Praktik politik uang dilakukan dengan cara pemberian berbentuk uang, sembako antara lain beras, minyak dan gula kepada masyarakat dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat agar mereka memberikan suaranya untuk partai yang bersangkutan.

Kapolres Tanjab Barat AKBP A.D.G Sinaga,S.I.K ditemui diruang kerjanya, Selasa (09/04/19) mengatakan, memang sebelum hari ‘H’ Pemilu tahun 2019 ini, pihaknya telah membentuk Tim Satgas money politic di Tanjab Barat. Menurut dia, dengan terbentuk satgas money politic ini, sehingga serangan pajar dilingkungan masyarakat tentu kecil kemungkinan telah terjadi.”Iya kita membentuk Tim Satgas money politic di Pemilu 2019 ini,” ungkap Kapolres.         Ditegaskan Kapolres, Satgas money politic yang dibentuk tersebut merupakan anggota dari Polres Tanjab Barat sendiri.”Kita juga akan kordinasi dan kerjasama dengan Panwaslu Tanjab Barat, untuk sama sama mengawasi berjalannya Pemilu 2019 ini agar berjalan lancar,” timpalnya.(IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *