mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Penghobi Hidroponik bersama Polres Tanjabbar berikan Sayuran Segar Pada Pasien Isolasi Covid-19 Bupati Safrial Ingatkan PNS dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada SKK Migas Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Home / Advetorial / Berita / Kota Jambi / Pemerintahan / Tanjab Barat

Senin, 10 Agustus 2020 - 06:03 WIB

Bupati Safrial Akui PDRB Tanjab Barat Semakin Tinggi dibanding Kabupaten Lain di Provinsi Jambi

KUALATUNGKAL Lj – Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS mengatakan bahwa nilai produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Tanjung Jabung Barat meningkat dibanding Kabupaten lain yang ada di Provinsi Jambi. Hal ini dibeberkan beliau pada upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-55 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Senin (10/08/20). Menurut Bupati, PDRB merupakan indikator yang memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah gimana semakin tinggi PDRB maka dapat dikatakan bahwa pertumbuhan ekonominya juga semakin tinggi titik nilai produk domestik regional bruto (PDRB) merupakan ukuran produktivitas yang mencerminkan seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam satu tahun.”Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan kabupaten yang memiliki PDRB terbesar dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di provinsi Jambi. Berdasarkan data BPS tercatat bahwa nilai PDRB Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas dasar harga berlaku 2010 pada tahun 2019 mencapai 42.51 triliun rupiah. Secara nominal nilai PDRB ini mengalami kenaikan sebesar 1.7 Triliun Rupiah dibandingkan tahun 2018 yang mencapai¬† 40.83 Triliun Rupiah. Naiknya nilai PDRB ini dipengaruhi oleh meningkatnya produksi di seluruh lapangan usaha dan adanya inflasi,” jelasnya.
Dijelaskan dia, meningkatnya PRDB ini terlihat jelak sepuluh tahun kebelakang.”Berdasarkan harga konstan 2010, Angka PDRB juga mengalami kenaikan dari 28.86 Triliun Rupiah pada tahun 2018, menjadi 30.35 Triliun Rupiah pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan selama tahun 2019 Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 5.35%, lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 4.90% peningkatan nilai PDRB ini menunjukkan perekonomian di kabupaten ini mengalami pertumbuhan yang positif,” sebutnya. Ditambah nya, terlepas dari segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam peringatan ini, sepatutnya tidak sedikitpun menyurutkan motivasi dan semangat untuk terus membangun terus mengisi setiap waktu perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi. Lebih lanjut Bupati, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya melalui peningkatan penerimaan dan pembiayaan melalui APBD setiap tahunnya. Disampaikannya bahwa pada tahun 2019 pendapatan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat meningkat 17.9% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 1.64 Triliun Rupiah. Selain itu, Bupati juga sampaikan terkait angka IPM Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus memperlihatkan kemajuan di tahun 2019, IPM menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 67.13% atau meningkat 0.41 poin dari tahun sebelumnya.”Sementara pada dimensi umur panjang dan hidup sehat, umur harapan hidup saat lahir berkisar 68.03% tahun meningkat 0.16 poin dari tahun 2018, sementara untuk dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah berkisar di 12.61 tahun meningkat 0.1 poin dari tahun 2018. Rata-rata lama sekolah pada tahun 2019 adalah 7.70 tahun meningkat 0.14 poin. Sementara pengeluaran per kapita sebesar 9.5 juta rupiah per tahun juga meningkat sebesar 144 ribu rupiah dari tahun 2018,” tambahnya.”Hal yang tidak kalah penting adalah penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terhadap kinerja pengelolaan keuangan kita titik pada tahun 2019 BPK-RI telah memberikan opini “WTP” (Wajar Tanpa Pengecualian). Tentu opini tersebut harus dapat kita pertahankan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini dihadirkan oleh Wakil Bupati, Pimpinan DPRD, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah. Sementara ASN lingkup Pemkab Tanjab Barat mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing.(IS)
Baja Juga  Bupati Masna Hadiri Panen Raya di Desa Kemingking

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati dan Wabup Tanjabbar Resmikan Sejumlah Proyek Infrastruktur

Berita

Kuota jama’ah haji Muaro Jambi 142 Orang TA 2020

Berita

Safrial Ajak Masyarakat Tanjab Barat Ikut Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Advetorial

Jumat Batal Cuti Bersama, Sekda : ASN Tanjab Barat Tetap Masuk Kerja

Berita

Masnah Busro Lantik 99 Orang Anggota BPD Se-kecamatan Jaluko

Berita

Bupati Masnah Hadiri Sedekah Payo di Desa Simpang limo

Advetorial

Sekda Tanjabbar Klaim Siapkan Dana 101 Milyar Untuk Penanganan Covid-19

Advetorial

Jelang Hari ‘H’ Raya Idul Fitri, Wabup Tanjab Barat Sidak Pasar Tangga Raja Ilir