mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Penghobi Hidroponik bersama Polres Tanjabbar berikan Sayuran Segar Pada Pasien Isolasi Covid-19 Bupati Safrial Ingatkan PNS dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada SKK Migas Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Home / Tak Berkategori

Rabu, 4 September 2019 - 06:59 WIB

DPRD Muaro Jambi adakan Rapat Pansus

DPRD Muaro Jambi adakan Rapat Pansus

MUAROJAMBI,LJ – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muaro Jambi  membentuk tim percepatan pembentukan rancangan tata tertib (tatib) sebagai alas kerja jajaran DPRD periode 2019-2024. Ketua DPRD Pansus  sementara Junaidi,SE menjelaskan, pembentukan tim tersebut telah disepakati berdasarkan hasil rapat pimpinan DPRD sementara bersama tim penyusun rancangan tatib yang berjumlah 16 orang masing masing fraksi perwakilanya dua orang.

“Ini  bersifatnya defenitif ,hal ini di bentuk  kalau terjadi kebuntuan di pembahasan rancangan tatib DPRD. Kalau misalnya buntu di sini maka peran tim ini akan sangat penting sampai pembahasan tatib (DPRD) ini selesai,” ujarnya di gedung Gabungan DPRD Muaro jambi (4/09).

Lanjut Junaidi SE, adapun pembahasan pansus pada hari ini berupa Tatib dewan, tentang pemilihan, alat kelengkapan dewan serta  tentang pemilihan bupati nantinya,sebab masa jabat bupati 28 bulan lagi,”ungkap Junaidi.

Tim percepatan tersebut terdiri atas  16 orang yang mewakili masing-masing Fraksi di DPRD Muaro Jambi.
“Kalau semua lancar-lancar saja, tidak perlu ada mekanisme khusus di sini,” ujarnya.

Junaidi juga menyebutkan, mekanisme pengisian kekosongan bupati dan wakil bupati, akan menjadi poin tambahan yang akan masuk ke dalam tatib terbaru. Dalam perjalanan DPRD lalu ada pergantian bupati, tetapi tatib tidak mengatur itu,”bebernya.

“Hal ini bisa menjadi pembelajaran dan dapat memperkaya tatib. Jadi, nantinya kalau ada hal seperti ini tidak perlu bikin tatib baru,”sebutnya.

Tatib DPRD Muaro Jambi  periode 2019-2024 terdiri atas 24 Bab 255 pasal Namun, seluruhnya masih berisi rancangan untuk kemudian dilayangkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi lalu disahkan.

Junaidi memastikan, pembahasan pembentukan rancangan tatib tersebut telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, kabupaten, dan kota.

“Pembuatan tatib ini, kita mengacu pada PP 12 bahwa mengurangi isi PP itu tidak boleh, tetapi menambah apa yang ada di dalam PP itu baru boleh, sepanjang tidak bertentangan dengan yang lebih tinggi,” kata Junaidi.(Ari)

Share :

Baca Juga

Berita

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Berita

Ketua DPRD Pimpin Paripurna HUT Muaro Jambi ke 22

Berita

Selamat dan Sukses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur
Pemkab dan Disdikbud Koordinasikan Libur Sekolah PAUD, TK, SD, SMP se Kabupaten Muarojambi

Advetorial

Bupati Safrial Didampingi Kadis PDK Tanjabbar Hadiri Rakor PTDI-STTD

Berita

Reses Dapil V, Sumarsen Purba Tampung Aspirasi Warga Jaluko

Advetorial

Ucapan Terimakasih Atas Kunker, Bupati Safrial Berikan Plakat

Berita

Adanya Gangguan Mesin dan Pasokan Listrik, PLN Rayon Kuala Tungkal Terpaksa Lakukan Pemadaman Bergilir