mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Penghobi Hidroponik bersama Polres Tanjabbar berikan Sayuran Segar Pada Pasien Isolasi Covid-19 Bupati Safrial Ingatkan PNS dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada SKK Migas Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Home / Berita / Muaro Jambi / Pemerintahan

Kamis, 30 Januari 2020 - 09:18 WIB

Kades Mudung Darat perioritaskan masyarakat tidak mampu,dalam pergunakan DD

Kades Mudung Darat perioritaskan masyarakat tidak mampu,dalam pergunakan DD

MUAROJAMBI,LJ – Dana Desa yang akan bergulir mulai April 2020 ke seluruh desa di Indonesia bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Namun, terkait alokasi penggunaan dana, sebaiknya diprioritaskan untuk program pengentasan kemiskinan.

“Saya perioritaskan , bantuan dana desa itu ada cakupannya terhadap masyarakat miskin untuk dapat berusaha dan untuk kesejahteraan masyarakat miskin,sebut kades Mudung darat maro sebo Muaro Jambi,M.Ali.

M.Ali menegaakan, prioritas alokasi dana desa dari APBN selain untuk pengetasan kemiskinan adalah untuk peningkatan akses sumber daya ekonomi.

Ali mengatakan, prioritas dana desa itu juga tertuang dalam surat edaran Menteri Desa untuk kepala desa se-Indonesia tentang prioritas belanja dana desa yang bersumber dari APBN.

Baja Juga  Pastikan Situasi Kamtibmas Kapolres Tinjau Pospam

Cakupan pengetasan kemiskinan antara lain dukungan terhadap kegiatan desa serta masyarakat untuk penguasaan dan pengelolaan hutan desa dan hutan kemasyarakatan. Yang terpenting lagi, kata kades Mudung darat kecamatan mari sebo Muaro Jambi,M.Ali , pemberdayaan desa bisa mendukung kegiatan prioritas nasional seperti land reform bagi masyarakat desa.

“Juga melakukan pendampingan dalam rangka mendukung kegiatan ekonomi. Baik yang dikembangkan oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) maupun oleh kelompok masyarakat,” ujarnya.

Tapi yang perlu diingat, kata Ali dana desa harus diputuskan dalam musyawarah desa. “Jangan ada unsur kepentingan lain yang tidak ada manfaat dan dirasakan oleh masyarakat. Harus mengutamakan kepentingan bersama,” ujarnya.

Lanjut Ali,Progres yang perioritas untuk membantu orang tidak mampu salah satunya dalam pembuatan MCK,sebab warga masyarakat banyak yang tidak memiliki MCK ,namun kami memprioritaskan warga masyarakat miskin. “di masing masing rumah warga tidak mampu kita akan bantu materialnya seperti,pasir,kerikil dan kebutuhan pembangunan pembuatan MCK untuk orang yang tidak mampu,”beber Ali.

Baja Juga  Bupati Safrial Akui PDRB Tanjab Barat Semakin Tinggi dibanding Kabupaten Lain di Provinsi Jambi

Hal tersebut berdasarkan UU desa no.6 tahun 2014 mengacu ke permendes no.11 tahun 2019 ,terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak mamp,maka saya berani bicara hal itu,”pungkasnya.

Berdasar itu kita bisa melaksanakan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. “hal itu sesuai dengan misi dan visi saya saat mencalonkan diri sebagai kades Mudung darat,yaitu membantu masyarakat tidak mampu itu yang lebih perioritas,”tegasnya.(Ari)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Masna Resmi Buka Lomba KOSN,FLS2N dan LCC Tingkat SD/MI di Kumpeh

Berita

Bupati Safrial Galakan Budaya Tanam Pohon

Berita

Wakil DPRD Tanjab Barat Sesalkan Anggaran Fogging Kecil, Dinkes Dinilai Tak Memikirkan Kepentingan Masyarakat

Berita

Suhamdi Warga Senyerang Ciptakan Mesin Penetas Telur Ramah Lingkungan

Berita

Kapolres Tindak 338 Kasus Kejahatan diwilayah Muarojambi

Advetorial

Sekda Tanjab Barat Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Berita

Bupati Masna Hadiri Panen Raya di Desa Kemingking

Berita

Ketua DPRD Muaro Jambi Tinjau Pilkades Serentak