mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Penghobi Hidroponik bersama Polres Tanjabbar berikan Sayuran Segar Pada Pasien Isolasi Covid-19 Bupati Safrial Ingatkan PNS dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada SKK Migas Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Home / Tak Berkategori

Selasa, 10 September 2019 - 16:56 WIB

Sekda Muarojambi Buka Seleksi Substansi Bakal Calon Kepsek

Sekda Muarojambi Buka Seleksi Substansi Bakal Calon Kepsek

MUAROJAMBI,LJ – Kepala Sekolah merupakan unsur tenaga kependidikan yang memegang peranan sangat penting dan merupakan kunci dalam pengelolaan layanan Pendidikan di satuan Pendidikan. Sebagai sebuah jabatan dengan peranan yang sangat strategis, Kepala Sekolah dituntut memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni, sehingga pengangkatannya juga harus dilakukan secara selektif.

Selain itu, juga dituntut lebih visioner dalam menghadapi revolusi industri , Kepala Sekolah bukan lagi guru yang diberi tugas sampiran sebagai KepalaSekolah,melainkan sebagai leader dan manager yang bertanggung jawab penuh dalam pengelolaan sekolah. Berkaitan dengan perekrutan Kepala Sekolah, pada Selasa malam, tanggal (10 s/d 13/09) 2019 Dinas Pendidikan dan kebudayaan  Kabupaten  Muaro Jambi bekerja sama dengan LPMP dan LPPKS menyelenggarakan seleksi substansi Kepala yang pada awalnya mereka adalah para guru TK,SD,SMP yang bertempat di Sang Ratu Hotel kota jambi.

” Adapun Jumlah peserta  97 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan mengikuti seleksi substansi ini sejumlah  orang dan setelah dinyatakan lulus nanti selanjutnya akan mengikuti diklat calon Kepala Sekolah.

Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief secara resmi membuka kegiatan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah. Kegiatan seleksi subtantif ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Muarojambi selama empat hari sejak 10-13 September 2019 di Hotel Shang Ratu Kota Jambi. Acara dihadiri Plt Kepala Dinas PdK Muarojambi Erwanisah, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas PdK Firdaus, Kabid Pendidikan Paud dan Non Formal Yakub Asyari, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jambi Dr Abdul Kamil Maliki, Assesor dan para peserta seleksi.

Dalam sambutannya, Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief meminta para bakal calon kepala sekolah untuk memanfaatkan seleksi substantif ini dengan semaksimal mungkin.

“Fahami semua yang diujikan oleh assesor agar nanti saat diamanahkan menjadi kepala sekolah bisa mendiagnosa permasalahan yang terjadi di sekolah dengan tepat. Jika diagnosanya tepat tentu solusi atas permasalahan juga akan tepat,” kata Sekda.

Kendati demikian, Sekda juga mengimbau agar dalam menghadapi seleksi ini para peserta bisa santai dan tidak gugup. Para balon kepsek dipinta untuk mengeksflorasi semua kemampuan yang dimiliki.

“Eksploitasi dan eksplorasi kemampuan leadershif anda dan manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dari para assesor yang akan menguji anda nanti,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PdK Muarojambi dalam sambutannya menyebut kegiatan ini diikuti oleh 97 peserta. Para balon kepsek yang mengikuti kegiatan ini akan diuji dan digali Leadershif Potensial Assesment (LPA). Para assesor didatangkan dari luar Provinsi Jambi yakni dari Sumatra Selatan, Sumatra Barat dan Jogyakarta.

“Ada beberapa instrumen yang nanti akan diujikan, di antaranya bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sekolah. Para peserta juga digali potensinya agar kreatif dalam menyelesaikan permasalahan,” kata Erwanisah.

Erwanisah berharap melalui seleksi substansi ini bisa bermuara pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Muarojambi. Kegiatan ini diharapkan menjadi cikal bakal kesuksesan pendidikan di Muarojambi. Erwanisah juga berharap para peserta bisa lulus seratus persen dalam seleksi substansi ini.

“Yang pada akhirnya kita sangat berharap Muarojambi bisa memiliki kualitas pendidikan terbaik di Jambi,” pungkasnya.(Ari)

Share :

Baca Juga

Upacara Kesaktian Panca Sila ,Ketua DPRD Bacakan Ikrar

Berita

Management PT Brahma Bakti,Karantinakan Karyawannya Dari Jakarta Medan

Bisnis

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

Berita

Menjaga Nilai-Nilai Silaturrahim dimasa pandemi covid 19 ini Polisi Bagi-bagi Takjil .

Berita

Anggota DPRD Muaro Jambi ,Maimunah Reses penampungan Aspirasi Masyarakat

Berita

Bupati Masna Lantik 99 Anggota BPD Terpilih Jaluko

Advetorial

Bupati Safrial Serahkan Hibah Bangunan Pos AL Kepada Danlanal Palembang Berlangsung Lancar

Berita

PWI Kab Tanjabtim Resmi Terbentuk.