mgid.com, 522897, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Penghobi Hidroponik bersama Polres Tanjabbar berikan Sayuran Segar Pada Pasien Isolasi Covid-19 Bupati Safrial Ingatkan PNS dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada SKK Migas Percepat Proses Pengadaan Barang dan Jasa

Home / Berita / Muaro Jambi / Politik

Kamis, 16 Juli 2020 - 05:22 WIB

Warga Senaung Tak Setuju Pemilihan BPD Hanya Perwakilan 10 Per RT

Warga Senaung Tak Setuju Pemilihan BPD Hanya Perwakilan 10 Per RT

MUAROJAMBI,LJ – Tak Setujui Pemilihan BPD Cuma Bisa memilih 10 Orang Perwakilan Setiap Per RT, Warga Desa Minta Kepada kades Yang Terpilih Desa Senaung Agar Bisa Mengubah Aturan Pemilhan (BPD) Menerapkan 1 KK Perkepala Rumah Tangga Agar Terlaksananya Pemilihan Yang Transparan, Sehat Jujur,Adil Dan Amanah.

Warga Desa Senaung Kecamatan. Jaluko Kabupaten. Muaro Jambi Minta Kepada Kades Desa Senaung A. Bustami Yang Terpilih Agar Transparan Dalam Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Melalui Per Rt, Dan Menerapkan 1 KK Perkepala Rumah Tangga Serta Tidak Ada unsur Permainan Politik Agar Terlaksananya Pemilihan Yang Transparan, Sehat Jujur,Adil Dan Amanah.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini sangat penting untuk di laksanakan pemilihan melalui per Rt, dan menerapkan 1 KK perkepala rumah tangga, karna (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai parlemen nya desa. Serta BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi yang ada di desa tersebut.

Baja Juga  Wujud Kepedulian Kepada Masyarakat, SKK Migas Bersama KKKS Mandala Energy Lemang Pte. Ltd. Kembali Salurkan Bantuan Sembako

Menanggapi hal tersebut M. RUDI Salah satu warga desa senaung Rt 05 mengatakan Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa yang bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya.

Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Maka dari itu saya sebagai warga desa senaung rt 05 agar pemilihan Anggota BPD melalui jalur transparan dan tidak ada indikasi politik di situ, dan tidak ada main tunjuk di situ, harapan saya agar pemilihan BPD mengunakan 1 KK setiap per kepala rumah tangga agar tidak ada persepsi indikasi main tunjuk.

Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Wali kota, di mana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati/ Wali kota.

Baja Juga  Kadisdik Muarojambi 'Dipanggil' Kejari,

Sementara itu Muk Ramli Salah satu warga Rt 10 desa senaung mengatakan BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa  bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Wewenang BPD antara lain, Membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa
Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa
Membentuk panitia pemilihan Kepala Desa.

Serta menggali,menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang ada di desa.

BPD mempunyai hak, Meminta keterangan kepada Pemerintah Desa, Menyatakan pendapat, Anggota BPD mempunyai hak.

Mengajukan rancangan Peraturan Desa, Mengajukan pertanyaan, Menyampaikan usul dan pendapat, Memilih dan dipilih, Serta Keanggotaan BPD adalah wakil dari penduduk Desa yang bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Untuk itu saya sebagai warga desa senaung untuk pemilihan BPD tahun ini meminta secara transparan dan tidak ada indikasi main comot sana sini, agar terlaksananya pemilihan yang sehat jujur,adil dan amanah.(***)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Safrial Resmikan Masjid Syaikh Utsman Kuala Tungkal

Berita

Kapolres Tindak 338 Kasus Kejahatan diwilayah Muarojambi

Berita

PWI Kab Tanjabtim Resmi Terbentuk.

Advetorial

Bupati Masnah Resmikan Desa Sawit Mulyo Rejo

Berita

DPRD Lakukan Hearing Dengan Sekretariat Pemkab Muaro Jambi

Berita

DPRD Perjuangkan Ratusan Sertifikat Masyarakat Bahar Yang Sudah Puluhan Tahun di PTPN 6 

Advetorial

Raih Opini WTP, Bupati Safrial Apresiasi Kerja Keras dan Kerja Sama Eksekutif dan Legislatif

Berita

Pemkab Muaro Jambi Bersama Ombusman RI Tandatangani Nota Kesepahaman